“LITERACY AWARD” GLS SMAN 27 GARUT


Membaca-menulis (literasi) merupakan salahsatu aktifitas penting dalam kehidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
Kegiatan literasi di SMAN 27 Garut sudah dimulai sejak tahun 2017, beberapa kegiatannya meliputi: kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, siswa melakukan kegiatan membaca buku non pelajaran di kelasnya masing-masing. Kunjungan perpustakaan, siswa diberikan jadwal mengunjungi perpustakaan minimal seminggu sekali. pembuatan buletin, majalah, poster dll.
Pemberian penghargaan dilakukan melalui kegiatan bertajuk Literacy Award, yakni sebuah program pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang dinilai berpartisipasi dan berperan baik secara langsung maupun tidak, dalam usaha penyadaran literasi bangsa melalui Gerakan Literasi Sekolah ini.
Sasaran penerima Literacy Award adalah sekolah secara kelembagaan, guru/tenaga pendidik, siswa, perusahaan peduli literasi, dan perorangan yang telah berpartisipasi. Penghargaan berupa piagam penghargaan dan dana pembinaan untuk peningkatan kesadaran literasi lebih lanjut.
Semoga dengan adanya kegiatan literasi ini bisa meningkatkan presentasi minat membaca indonesia menjadi lebih baik di banding tahun-tahun sebelumnya
Previous
Next Post »