Simulasi UNBK 2019 untuk Guru


SMAN 27 GARUT - Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) periode November 2019 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat sedang dilaksanakan Minggu ini. Uniknya, tidak hanya siswa yang mengerjakan soal-soal itu melainkan para guru juga dituntut untuk ikut sebagai peserta ujian.

Simulasi UNBK  periode November 2019 SMA/SMK di SMA Negeri 27 Garut dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 13 November hingga 15 November 2019. Kepala SMA Negeri 27 Garut, H. Kuswara, M.Pd mengatakan, pada simulasi tersebut berbeda dengan tahun–tahun sebelumnya.

Selain perkembangan soal yang lebih sulit, para guru juga diwajibkan ikut menjadi peserta untuk menyelesaikan soal-soal UNBK.Jadi, simulasi kini tidak hanya siswa yang jadi peserta tapi juga para gurunya. Ini dilakukan agar para guru melihat dan mengukur seperti apa kerumitan soal-soal UNBK khususnya dengan adanya soal higher order thinking skill (HOTS) itu. Nanti waktu memberikan soal di kelas sudah bisa mengira-ngira, seperti ini kemungkinan soal yang akan keluar pada ujian nasional nanti.

Untuk menjadi peserta, para guru juga harus memiliki nomor id dan password agar bisa masuk dalam soal yang diberikan. Para guru memilih mata pelajaran yang mereka ajarkan di kelas. Misalnya guru si A mengajar Matematika, dia nantinya juga ikut jadi peserta di soal itu. Semuanya sudah terdaftar bahkan mereka juga terbagi dalam session yang sudah ditentukan oleh sistem UNBK.

Soal-soal simulasi UNBK dibuat langsung oleh Pusat Peneletian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dijadwalkan seluruh siswa SMA se Indonesia akan bersamaan mengerjakan soal tersebut di hari yang sama. Kandungan soalnya kemungkinan sama persis seperti UNBK, ada soal low order thinking skill (LOTS), medium order thinking skill (MOTS), dan HOTS.










Previous
Next Post »