Bahan Ajar dan Contoh Soal Bab Fungsi


Berita Pak Ipung - Jika sebuah benda terletak di depan cermin datar, tentu bayangan benda itu akan terlihat di dalam cermin yang persis seperti benda aslinya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bayangan di dalam cermin merupakan invers dari benda yang berada di depan cermin. Dalam postingan kali ini, kalian akan mempelajari lebih lanjut mengenai materi yang terdapat dalam matematika yaitu fungsi.

Di dalam materi fungsi terdapat istilah relasi. Relasi adalah suatu aturan yang memasangkan anggota himpunan satu ke himpunan lain. Suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah pemasangan atau perkawanan atau korespondensi dari anggota-anggota himpunan A ke anggota-anggota himpunan B. Relasi himpunan A ke himpunan B dapat disajikan dalam diagram panah, diagram Cartesius, himpunan pasangan berurutan, dan dengan rumus.

Adapun pengertian fungsi itu sendiri adalah suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B disebut fungsi dari A ke B jika setiap anggota A dipasangkan dengan tepat satu anggota B. Jika f adalah suatu fungsi dari A ke B, maka:
- himpunan A disebut domain (daerah asal),
- himpunan B disebut kodomain (daerah kawan) dan
- himpunan anggota B yang pasangan (himpunan C) disebut range (hasil) fungsi f.

Aturan yang memasangkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B disebut aturan fungsi f. Misal diketahui fungsi-fungsi:
f : A → B ditentukan dengan notasi f(x)
g : C → D ditentukan dengan notasi g(x)


Untuk melihat lebih detail tentang materi fungsi berikut saya lampirkan dokumen Bahan Ajar dan Contoh Soal Bab Fungsi yang bisa kalian download dengan mudah karena tinggal klik tautan yang disertakan bersama dokumen tersebut.


Demikian postingan kali ini tentang Bahan Ajar dan Contoh Soal Bab Fungsi, silahkan download dan pelajari dengan sungguh-sungguh dan jangan lupa kerjakan juga latihan soal-soalnya. Selamat belajar.
Previous
Next Post »