Cara Ikutan Seleksi Paskibraka



SMAN 27 Garut - Seleksi Paskibraka adalah hal yang dinantikan oleh kalangan para siswa dan siswa Kelas 10 baik SMA, SMK maupun MA Baik swasta ataupun Negeri. Pasalnya, menjadi paskibraka adalah dambaan bagi setiap orang, namun ternyata untuk menjadi Paskibraka jalan yang harus dilalui tidaklah mudah. 

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota (Kantor Bupati/Wali Kota), Provinsi (Kantor Gubernur), dan Nasional (Istana Merdeka).

Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan Mei atau April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus Tahapan Seleksi Paskibraka Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus dan atau sebelum di kukuhkan oleh Bupati/Walikota, Gubernur dan Presiden, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan “CAPASKA” atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan 17 Agustus, anggota dinamakan “PASKIBRAKA”, dan setelah 17 Agustus, dinamakan “PURNA PASKIBRAKA”. Sudah paham kan Aa/Teteh?

Bagaimana cara menjadi seorang Paskibraka? Menjadi Paskibraka bukanlah hal yang mudah, karena Paskibraka adalah siswa siswa yang terpilih diantara siswa siswa pilihan yang telah diseleksi dalam banyak sekali tahapan sehingga didapatkan lah yang terbaik diantara yang terbaik. Apa saja persyaratan agar bisa menjadi seorang Paskibraka? Persyaratan menjadi seorang Paskibraka tidak seribet persyaratan untuk masuk Akmil/Akpol ya..,

Berikut persyaratan rinci untuk menjadi Paskibraka :

1. Siswa/Siswi SMA Sederajat kelas X dan Kelas XI.

Apakah sudah kelas XII masih bisa ikut seleksi Paskibraka? Tentu saja tidak. Menjadi Paskibraka adalah kesempatan sekali dalam seumur hidup. Jadi jangan pernah sia-siakan kesempatan ini, karena gak akan ada kesempatan yang sama yang bakal terulang ditahun berikutnya

2. Akhlaq

a. Mental dan moral dapat di pertanggung jawabkan

b. Mentaati kewajiban agama yang di anutnya

c. Berbudi pekerti luhur dan bertingkah laku yang baik

3. Kepribadian

a. Ramah dan pandai bergaul

b. Bersahaja, sopan dan berdisiplin

4. Kesehatan

a. Tidak berkaca mata

b. Tegap dan tidak cacat badan

5. Tinggi badan : 

Putra Minimal : 170 cm

Putri Minimal : 165 cm

6. Berpenampilan segar, menarik dan selalu ceria

Tahap Seleksi Calon Anggota Paskibraka Semua calon akan di pilih dari sekolah tingkat SLTA Sedrajad, biasanya adalah berasal dari kelas X dan atau XI, yang berhak memilihnya adalah pihak sekolah, lalu siswa pilihan sekolah akan mengikuti seleksi tingkat II yaitu tingkat Kota/Kabupaten, pada awalnya Ada Paskibraka tingkat kecamatan, namun saat ini Paskibraka tingkat kecamatan dihapus dan digantikan menjadi Tingkat Kota/Kabupaten. Ditingkat Kota inilah kalian akan bersaing ketat dengan siswa siswi lain di luar sekolah kalian, tentu saingannya pun akan sangat banyak sekali.


Disinilah sebenarnya kalian harus bisa mengerahkan semua kemampuannya, karena hanya beberapa puluh (biasanya kurang dari 40 siswa) yang diterima dalam tingkat Kota/Kabupaten dari ratusan saingan kalian. Bila kalian diumumkan bahwa kalian lolos ke seleksi tingkat Kota/Kabupaten, biasanya dihari yang sama pada pengumuman itu akan di umumkan 4 Siswa terpilih yang dianggap yang terbaik untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi. Nantinya ke 4 Siswa tersebut akan mengikuti penyeleksian beberapa hari bersama Siswa-siswa pilihan lainnya yang terpilih sebagai calon Paskibraka tingkat Provinsi. Dan setelah itu biasanya tak jarang siswa pilihan tersebut ada yang tidak bisa lolos ke tingkat provinsi sehingga ia harus kembali ke tingkat Kota/Kabupaten.

Setelah terpilih menjadi Paskibraka Provinsi, barulah dipilih lagi yang terbaik diantara yang terbaik untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Nasional, yang prosesnya tidak jauh berbeda dengan Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi.

Diluar semua itu, sebenarnya dimanapun kalian ditugaskan nantinya baik di tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi maupun Nasional kalian tetaplah Seorang Paskibraka dan memiliki kedudukan yang sama, karena di hari yang sama pada tanggal 17 Agustus kalian sama sama mengibarkan Sang Merah Putih, hanya saja tempatnya nya yang berbeda.

Previous
Next Post »